Tingkatkan kemampuan santri Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an Semarang dalam dunia komputer, tiga dosen Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) melakukan pelatihan  Teknologi Informasi dan Komputer. Pelatihan tersebut sebagai bentuk pengabdian kepada masayarakat terkait pendidikan.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di laboratorium gedung D.2 A Udinus dan diselenggarakan selama 2 hari yakni pada 6-7 Februari 2019. Pelatihan yang diikuti sekitar 40 santri ini mengajarkan berbagai pengetahuan terkait dunia komputer mulai dari pemasangan hardware komputer secara virtual hingga penggunaan internet secara benar. Tim pengabdian masyarakat pelatihan Teknologi Informasi dan Komputer  yang diketuai oleh Dr. Pulung Nurtantio Andono,ST,M.Kom ini beranggotakan Fauzi Adi Rafrastara,M.Cs dan Abdussalam,M.Kom.

Wakil Rektor IV bidang Riset dan Kerjasama sekaligus sebagai pengisi di sesi pelatihan penggunaan internet, Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST, M.Kom  mengatakan tujuan kegiatan tersebut sebagai sarana memberikan pelatihan dan pengabdian Udinus terhadap masyarakat kota Semarang. Mereka juga diajarkan pemasangan hardware secara virtual menggunakan aplikasi Sisco agar menambah ilmu dunia IT. “Kami ajarkan berbagai hal selama 2 hari yang dimulai hari ini hingga besok. Kami ingin mereka juga tahu seluk beluk dunia IT mulai dari hal dasar yakni perakitan Personal Computer (PC) hingga pengetikan menggunakan 10 jari. Ini bisa memudahkan saat mereka mengerjakan tugas dan sebagainya,” ujarnya saat memberikan keterangan mengenai pelatihan tersebut.

Menurutnya generasi muda sekarang ini harus mampu mengerti dan memahami dunia IT karena pada era millennial sudah menggunakan teknologi dalam aktivitas sehari-hari. Pelatihan tersebut para santri diajak untuk melek teknologi dalam cakupan teknologi yang  sederhana dan dibutuhkan dalam keseharian.“Kami ingin mengajak generasi millennial juga paham hal-hal dasar di dunia IT. Melalui pelatihan ini mereka bisa terbantu dan berani untuk mempelajari dunia IT. Karena teknologi menjadi hal yang mendasar pada era sekarang dan selanjutnya,” ungkapnya.

Para peserta terlihat antusias mengikuti dan mendengarkan arahan dari tim pengabdian masyarakat Udinus yang dipimpin oleh Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST, M.Kom. Hal tersebut terlihat dari banyaknya  pertanyaan yang dilontarkan kepada para dosen yang memberikan pelatihan Teknologi Informasi dan Komputer.

Sementara itu, Kahumas Udinus, Agus Triyono, S.Sos, Msi menegaskan kegiatan yang berbasis pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat menambah kesadaran generasi millennial agar melek  akan dunia teknologi. “Hal ini merupakan kontribusi Udinus untuk masyarakat sekitar, agar dapat saling bersimbiosis mutualisme menambah ilmu terkait dunia teknologi,” jelas Agus Triyono, MSi Kahumas Udinus.